5 (Lima) Manfaat Membaca Novel Triller Bagi Remaja



Novel merupakan salah satu karya sastra berupa karangan panjang berbentuk prosa. Novel mengandung cerita sambung menyambung dari karakter-karakter dengan kompleksitas sifat dan konflik yang terjadi dalam hidup masing-masing karakter. Biasanya karakter utama mengalami suatu hal yang akan mengubah hidupnya.

Siapa tak yang kenal Bill Gates? Dia bahkan menempatkan novel sebagai salah satu buku yang wajib dibaca, baik untuk menikmati karakter-karakter yang menarik dan juga menikmati keindahan prosa yang ditawarkan sebuah novel.

Elon Musk, si pemilik perusahaan armada luar angkasa pun menempatkan novel di tempat istimewa. Bahkan novel-novel science fiction telah berhasil membuatnya membayangkan gambaran dunia ini.

Bukan suatu kebetulan mengapa banyak orang-orang sukses di dunia ini adalah penggemar novel baik dulu dan/atau sampai sekarang. Penelitian menjelaskan bahwa membaca novel atau karya fiksi bukan hanya sekadar untuk bersenang-senang. Banyak hasil penelitian di bidang psikologi yang mengaitkan orang-orang sukses dengan buku fiksi yang dibacanya. Hasilnya, rata-rata kesuksesannya memiliki garis lurus dengan buku/novel yang dibacanya.

Triler atau kisah suspence merupakan salah satu genre novel yang tidak pernah kehilangan penggemar. Triler menyajikan kisah seru bahkan membahayakan yang mengharuskan karakternya berjuang untuk mempertahankan nyawanya.

Novel triler adalah salah satu jenis karya sastra yang membawa manfaat untuk remaja. Tentu saja harus dipilih cerita triler yang sesuai dengan umur remaja.

Apa saja manfaat membaca novel triller menurut para ahli psikologi?

1.       Memperbanyak kosa kata dan meningkatkan kemampuan berbahasa.



Remaja merupakan usia yang sesuai untuk mempelajari berbagai hal yang positif. Dalam ilmu bahasa, perolehan bahasa sangat ditentukan dari input yang didapatkan seseorang semenjak dini. Membaca novel bisa menambah kosa kata remaja hingga secara tidak langsung memperkaya kemampuannya berbahasa mereka.

2.       Meningkatkan aktivitas otak remaja



Dalam sebuah penelitian menggunakan Brain Scan ditemukan bahwa aktivitas otak manusia setelah membaca novel triler meningkat secara siknifikan. Terutama aktif di bagian merasakan sensasi dan linguistik.

3.       Menjauhkan dari kecendrungan menggunakan gadget terus menerus.



Novel triler menyajikan kisah yang tidak membosankan, sehingga bisa menjadi alternatif kegiatan para remaja dari yang hanya fokus pada gadget dan beralih pada karya sastra.

4.       Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan emosional (emotional quotient) remaja




Manusia tak hanya sekadar memerlukan tingkat intelegensi yang tinggi. Kemampuan emosional atau emotional quotient-nya juga perlu di-stimulasi. Membaca novel—khususnya novel triller mampu merangsang kemampuan emosional seseorang. Menurut sebuah studi yang di-publish di Public Library of Science, di Journal of Research in Personality dan di European Journal of Communication Research, orang-orang yang membaca kisah-kisah fiksi (novel) termasuk novel triler memiliki empati dan kemampuan emosional yang lebih tinggi dibanding yang tidak suka membaca fiksi.

Adapun Emotional Quotient itu memiliki peran yang sangat penting dalam dunia kerja. Sebab bisa mengembangkan kemampuan komunikasi, bersosialisasi dan bekerja sama, dan rasa empati yang kuat.

5.       Menambah pengetahuan




Novel yang baik biasanya memuat informasi-informasi baru yang bermanfaat bagi remaja. Salah satu novel triler yang recommended adalah Insane Love terbitan Libri karya Yunita R. Saragi (saya). Novel ini berkisah tentang kehidupan cinta seorang psikopat remaja. Novel ini sama sekali tidak menampilkan kisah romantis picisan yang penuh dengan seks bebas, pacaran ‘tidak sehat’ atau sejenisnya. Justru novel ini bisa membuka mata pada kenyataan pergaulan remaja yang ‘sebenarnya’. Membaca dan mengetahuinya terlebih dahulu membuat para remaja bisa membuka mata dan berjaga-jaga. Bahwa mungkin saja ada psikopat yang kini dekat dengan Anda atau anak remaja Anda. Kenali ciri-ciri pskopat melalui Insane Love. Bisa jadi ‘Reva’ lain ada di sekitar Anda.


Selamat membaca dan menggali manfaat sebanyak-banyaknya.

Medan, 27 November 2017

NB: Untuk pemesanan Insane Love WA 085296777705

Sumber tulisan:
www.cnbc.com
www.manfaat.co.id

Sumber gambar:
www.google.com

Comments

Popular Posts