CONTOH SINOPSIS NOVEL UNTUK DIKIRIM KE PENERBIT


Assalamualaikum, Teman Writers.
Udah lama aku nggak ngisi blog lagi. Dan, memang nggak pernah rajin nulis di blog, kan? Haha. Ini juga karena ingin membantu teman-teman penulis pemula yang masih bingung bagaimana, sih, bentuk sinopsis yang dikirim untuk penerbit itu?
Untuk langkah-langkah dan tips penulisannya, ada di link ini, ya, Teman Writers >>> https://youtu.be/zVGm-vtwuno

Bisa disimak dulu sekarang video di atas. Di sini, aku akan memberikan contoh sinopsis yang aku kirimkan ke Penerbit Loka Media beberapa waktu yang lalu. Sekarang ini, novel ini masih dalam proses penerbitan. Mohon doanya supaya lancar, ya, Teman Writers. Aamiin.

Oke, langsung aja, ini dia sinopsis novelku yang berjudul KAMI LINTANG. Seperti yang aku katakan di dalam video (link di atas) bahwa aku telah menghilangkan beberapa rahasia dan penyelesaiannya. Karena yang boleh tahu itu hanya editor kita saja, ya, Teman Writers.



SINOPSIS NOVEL KAMI LINTANG

LINTANG KEMUNING, 25 tahun, didiagnosa mengidap DID (Dissociative Identity Disorder) enam tahun yang lalu. Trauma masa kecil membuat kepribadiannya terpecah menjadi banyak. >>> Paragraf pertama langsung berisi karakter utama dan masalahnya
            Dia sudah bosan diperlakukan Gea, mamanya dan Lea, tantenya seperti anak kecil. Dia merasa sudah normal, bukan gadis penyakitan yang selalu dilarang melakukan ini itu. Tanpa sepengetahuan Gea dan Lea, dia menerima pekerjaan di luar kota, sebagai guru les gitar. Lintang tidak pergi sendirian. >>> Berisi tujuan karakter utama. Dia dibantu Eky, papanya. Pekerjaan itu pun didapat dari kenalan papanya >>> Caranya mencapai tujuan.
Papa dan mama Lintang tidak akur sejak perceraian mereka saat Lintang masih bayi.  Tapi, karena papanya ingin mendapatkan perhatian Lintang, dia rela melakukan apa saja demi menebus kesalahan-kesalahannya di masa lalu. Meskipun nanti, dia harus berhadapan dengan singa bernama Gea.
Yang memudahkan Lintang adalah dia sudah berdamai dengan alter-alternya. Alter-alter utama Lintang adalah Bang Jaka, laki-laki kekar berusia 28 tahun; Meredith, wanita Inggris 30 tahun; Civa, anak perempuan usia 7 tahun; Bunda Ret, wanita Jawa setengah baya, Paman Weirdo, pemburu tua dari Australia, dan beberapa yang muncul belakangan. Mereka membentuk satu sistem—dibantu psikolog Lintang—yang diberi nama Sistem Rumah Pohon. Karena dalam inner world Lintang, mereka tinggal di rumah-rumah di atas pohon >>> Perkenalan sekilas karakter-karakter lain yang memengaruhi cerita. Di bagian ini tergantung kebutuhan novel Teman Writers, ya. Di sini, aku harus menuliskan karakter sebanyak ini karena ini novel tentang DID di mana Lintang punya alter banyak.
 Yang menyulitkan kehidupan barunya sebagai guru les gitar ini adalah kemampuannya dan alter-alter melihat hal gaib>>> Satu rintangan besar lainnya. Lintang kembali diteror hantu Jepang bernama Mayoru. Hantu dari masa kecilnya. Sistem Rumah Pohon menjadi kacau. Mereka akhirnya menemukan cara, yakni memanggil Felixia, 17 tahun, penganut Yami-Kawaii Style. (Dua kalimat di bagian ini dihilangkan, berisi salah satu ‘rahasia’ di dalam cerita)
(Satu paragraf ini juga telah dihilangkan, berisi solusi untuk mengatasi masalah mengatasi teror Mayoru)
Untung saja Sistem Rumah Pohon sudah terbentuk sedemikian baik, jelas, dan kokoh. Mereka berjuang menyelamatkan sistem, sebab kalau tidak, gangguan kejiwaan Lintang semakin kompleks dan semakin sukar disembuhkan. Atau yang paling parah adalah kematian, akibat sifat buruk Sylia. (Bagian ini juga dihilangkan berisi penyelesaian masalah hadirnya satu alter buruk (selalu ingin bunuh diri) lagi di tengah cerita)
(Paragraf ini dihilangkan, berisi ending cerita. Di, sini Teman Writers bisa tuliskan semua ending-nya. Jika cerita Teman Writers punya ending yang twist, jangan sembunyikan. Beritahu twist-nya bagaimana di bagian ini.)
Itu dia contoh sinopsis novel Kami Lintang. Semoga bermanfaat, ya, Teman Writers. Kalau novel ini sudah terbit, jangan lupa dipesan. Thank you.
Good luck dan selamat menulis!!!

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. berarti kayak menceritakan gitu ya kak? bukan jalan ceritanya gitu kan

    ReplyDelete
  3. Makasih banyakk kakak. Terimakasih banyak. Ilmunya.

    ReplyDelete
  4. terima kasih banyak kak, berguna banget ilmunyaaa ya ampun baik banget udah mau share!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts